Payeer

Pink Star Berlian Termahal Di Dunia Seharga Rp.799 Miliar Dilelang di Hongkong

Berlian
The Pink Star Diamond 

Berlian pertama kali dikenali dan ditambang di India. Di salah satu text Sansekerta (Anguttara Nikaya) yang merupakan sebuah text penganut Budha yang menceritakan mengenai ciri utama berlian yang kilaunya memancar, sebagai lambang religius. Berlian dipercaya membawa keberuntungan bagi yang memilikinya.

Semakin langka dan indah sebuah berlian, maka semakin sangat bernilai berlian itu . Kelangkaan dan keindahan sebuah berlian didasarkan pada warna, kejernihan, karat dan potongan. Penilaian berlian menggunakan karat berkaitan dengan beratnya. Satu karat sama dengan 0 2 gram. Semakin besar berlian, semakin langka berlian tersebut maka setiap tambahan karat akan menambah nilai berlian.

Berlian bernama Pink Star  merupakan sebuah berlian terbesar dan langka dan pernah dinilai oleh Gemological Institute of America (GIA). Balai lelang Internasional Sotheby mengatakan bahwa berlian itu awalnya ditambang oleh De Beers pada tahun 1999 di Botswana dengan berat kasar 132,5 karat sebelum dipotong dan dipoles.

Pink Star berbentuk oval berwarna merah muda dengan ukuran 59,60. Pink Star merupakan berlian termahal sejak tiga tahun terakhir dengan harga fantastis yang mencapai 60 juta dolar AS atau sekitar Rp 799 miliar. 

Berlian Pink Star  akan dipajang di balai lelang Sotheby di London menjelang pembukaan lelang di Hong Kong pada 4 April. November 2013 lalu, proses lelang berlian ini gagal walaupun telah disepakati dengan harga mencapai 83 juta dolar AS atau setara dengan satu triliun lebih. Namun, perusahaan perhiasan yang berbasis di New York itu tidak bisa membayar atas kesepakatan lelang.

Ketua Divisi Perhiasan Sotheby David Bennett mengatakan beberapa tahun terakhir kami sudah melelang berlian berwarna dengan hasil sangat baik, banyak catatan baru dibuat di lelang untuk berlian berwarna merah muda dan biru terutama, jadi kami pikir itu adalah waktu yang baik untuk membawanya ke pasar. Sotheby merasa begitu optimis proses lelang Pink Star akan berhasil karena berlian ini bentuknya halus dan sudah siap untuk menjadi berlian paling berharga yang pernah ditawarkan, apalagi dengan ukuran 59.60 yang tidak umum, dikombinasikan dengan kekayaan warnanya, melebihi semua berlian merah muda dalam sejarah.

loading...

0 Response to "Pink Star Berlian Termahal Di Dunia Seharga Rp.799 Miliar Dilelang di Hongkong"

Post a Comment