Payeer

Kura Kura Yang Bernama Omsin Yang Memakan Ratusan Koin Di Thailand Akhirnya Mati

Omsin


Kura-kura  adalah hewan berkaki empat yang termasuk golongan reptil yang hidup di berbagai tempat, mulai daerah gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan laut. Kura-kura ada yang bersifat pemakan tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora) atau campuran (omnivora).

Di Thailand ada seekor kura-kura yang bernama Omsin yang tinggal di sebuah pusat korservasi di Chonburi, Thailand menelan ratusan koin. Selama bertahun-tahun, Omsin yang berumur 25 tahun menelan uang logam yang dilemparkan para pengunjung ke dalam kolam tempat ia tinggal. Para pengunjung taman biasa melemparkan uang logam ke kolam tempat Omsin hidup sebagai bentuk permintaan nasib baik atau keberuntungan. Aksi pengunjung inilah yang membuat Omsin kerap menelan uang logam. Sehingga, para dokter hewan mendesak agar kebiasaan itu dihentikan.

Koin itu tidak hanya membuatnya susah berenang, tetapi juga membuat pencernaannya jadi rusak, bahkan dapat menyebabkan kematian. Senin (6/3/2017) kemarin, Omsin menjalani operasi pembedahan yang memakan waktu tujuh jam. Dari operasi itu, ratusan keping uang logam berhasil dikeluarkan dari perutnya. Saat ditimbang, berat koin-koin itu mencapai 15 kg, beberapa diantaranya adalah koin dari luar Thailand dan banyak yang sudah berkarat. 

Setelah sebelumnya menelan ratusan koin dan mengalami operasi singkat pengangkatan ratusan koin yang ada di dalam perutnya. Kini, Omsin tiada pada hari Selasa waktu setempat akibat keracunan darah. Sejak operasi pengangkatan ratusan koin dari perutnya, kondisi Omsin tak kunjung pulih. Pihak konservasi sempat memberikan perawatan intensif selama beberapa hari, namun Omsin bernapas terlalu lambat, hingga akhirnya operasi dilakukan kembali pada Senin kemarin yang membuatnya malah mengalami koma.

“Penyebab kematiannya adalah keracunan darah,” ujar salah seorang dokter hewan kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters. Kerusakan dalam perut Omsin terjadi gara-gara pengangkatan koin yang menyebabkan ususnya bermasalah dan menghalangi aliran darah. Infeksi akut pada usus kemudian menyebabkan infeksi darah.

Para dokter pun mengatakan bahwa mereka akan melakukan otopsi pada Omsin sebagai studi kasus, yang kemudian akan digunakan sebagai salah satu pengobatan kura-kura di masa depan. “Dia adalah guru kami,” ujar dokter hewan.

loading...

0 Response to "Kura Kura Yang Bernama Omsin Yang Memakan Ratusan Koin Di Thailand Akhirnya Mati"

Post a Comment