Payeer

Istilah Dan Teknik Pukulan Dalam Bermain Biliar

Olahraga
Image play.google.com

Anda mungkin familiar dengan olahraga ini, dan mungkin anda sudah sangat paham dengan istilah-istilah yang ada dalam permainan biliar, namun bagi para pemula istilah-istilah ini kadang membuat para pemain bingung, dan tidak paham, Berikut istilah dan teknik pukulan dalam bermain biliar :

Stop Ball, Stop Shoot, atau Stop Stroke

Cue Ball (bola putih) berhenti tepat ketika mengenai bola sasaran, jenis pukulan ini jenis pukulan termudah dalam biliar. Stop Ball , Stop Shoot, atau Stop Stroke yang sempurna dapat dilakukan apabila berhenti di tempat, jika dipukul sejajar dengan bola sasaran, atau minimal bergerak seminimal mungkin setelah membentur bola sasaran. 

Follow Shot atau Follow Stroke

Follow Shoot adalah sebuah pukulan yang tujuannya untuk membuat cueball bergerak maju setelah mengenai bola sasaran. Teknik bola ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di atas garis tengah. Efek yang terjadi adalah apabila bola sasaran dipukul secara sejajar, bola putih akan berjalan maju. Sedangkan jika tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih sempit, serta memiliki laju yang lebih cepat. Pemula biasanya suka dengan pukulan ini, bahkan seringkali melakukannya tanpa sadar ketika bermain karena jenis pukulan ini bisa dipraktekkan oleh siapa saja, bahkan untuk para pemain yang baru pertama kali bermain sekalipun. teknik pukulan ini di kalangan pebiliar Indonesia sering disebut "DUR".

Draw Shot (Track Ball)

Teknik ini lebih populer dengan istilah "track ball". Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di bawah titik tengah. Efek dari pukulan ini adalah bola akan berjalan mundur setelah terkena bola sasaran. Ini terjadi jika bola sasaran dipukul secara sejajar, sedangkan jika tidak sejajar, sudut pantul bola akan lebih lebar.

English

Sering disebut "efek" oleh kalangan pebiliar di Indonesia, karena memang ini adalah istilah memukul bola menggunakan efek. Teknik ini memungkinkan cue ball bergerak atau memantul di ban/cushion sesuai dengan efek yang kita pukul pada cue ball. Pukulan ini memungkinkan bola bergerak tidak sesuai dengan rutenya. 

Jump Shot

Jumpshot adalah teknik untuk membuat bola putih melompat untuk menghindari bola yang menghalangi jalur cueball dengan bola sasaran. Teknik ini dilakukan mempergunakan cue atau stuk khusus, jum cue, dengan cara memukul bagian atas cue ball dengan sudut sekurang-kurangnya 45 derajat. Pukulan ini biasanya jarang dilakukan kecuali sangat terpaksa atau ada peluang untuk memaksa bola sasaran masuk dengan menggunakan jumpshot.

Masse

Teknik ini membelokkan bola putih, menggunakan efek dengan cara memukul bagian atas cue ball, bola putih akan bergerak melengkung. biasanya digunakan bila bola sasaran terhalang bola lain sehingga tidak bisa di pukul langsung.

Trick Shot

Teknik pukulan yang menghasilkan variasi pukulan yang unik dan tidak biasa, biasanya dipergunakan untuk eksebisi.

Safety Shot

Pukulan yang dilakukan untuk menyulitkan lawan apabila posisi bola kurang menguntungkan dan perlu mengatur strategi bertahan dengan posisi cue ball dan bola sasaran pada posisi yang sulit untuk lawan

Break Shot

Pukulan yang dilakukan di awal permainan untuk memecah posisi bola pada rack. Setiap jenis permainan memiliki teknik break dan posisi bola putih yang berbeda.

Missed Cue

Pukulan yang terpeleset dan mengakibatkan bola putih bergerak kearah yang salah dan sering menyebabkan foul, biasanya akibat lupa mengoleskan chalk/kapur pada cue tip/stik atau akibat ayunan yang salah.

Bank Shot

Pukulan dilakukan tidak secara langsung, menggunakan ban atau cushion terlebih dahulu, baik untuk cue ball maupun bola sasaran.

Combination Shot

Combination Shot dilakukan apabila pemain berniat memasukkan bola dengan menggunakan bola lainnya, sehingga pukulan tidak langsung ke arah bola yang dituju di masukkan ke lobang.

Lagging atau Banking

Suatu metode untuk menentukan siapa yang melakukan break di awal permainan, dimana kedua pemain melakukan satu pukulan lurus langsung ke bola tanpa sasaran, ke arah ban/cushion bagian atas meja dan bola yang di pukul harus kembali menyentuh atau mendekati cushion bawah meja. Pemain yang bola nya lebih dekat dengan cushion bawah saat sudah berhenti, berhak melakukan break terlebih dahulu.

Spin Shoot atau Spin Stroke

Pukulan dalam teknik bermain billiard ini dilakukan dengan cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih. Efek yang ditimbulkan dari jenis pukulan ini adalah laju bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran atau pun memantul ke tepi meja.

loading...

0 Response to "Istilah Dan Teknik Pukulan Dalam Bermain Biliar"

Post a Comment