Payeer

Flash Drive Setipis Kertas Post-it

Gadget


Flash Drive ini dijuluki dataSTICKIES. Ilmuwan tengah mengembangkan sebuah perangkat penyimpanan yang bentuknya mirip dengan secarik kertas post-it dan  memiliki kemampuan yang unik yaitu memiliki kemampuan mentransfer data hanya dengan cara menempelkannya di bagian depan komputer atau perangkat lainnya melalui perekat khusus. Drive mini ini juga bisa disusun bertumpuk dan cukup dikelupas ketika akan digunakan. DataSTICKIES sendiri terbuat dari material yang disebut graphene, bahan konduktif super kuat yang dilapisi atom karbon.

Perangkat inovatif tersebut dikembangkan oleh desainer bernama Aditi Singh dan seorang profesor Universitas Parag Anand dari New Delhi, India. “dataSTICKIES adalah konsep desain graphene berbasis flash drive yang dapat menggantikan data yang disimpan di USB flash drive di masa depan,” kata Singh. Perangkat khusus dengan perekat sensitif ini, lanjut Singh, dapat digunakan kembali tanpa meninggalkan bekas seperti meletakkan notes di komputer. Permukaan atasnya pun dapat ditulis dan jika file diberikan kepada seseorang, selembar data dapat dibagi kepada orang lain dengan lebih mudah ketimbang menggunakan sistem USB. 

DataSTICKIES rencananya akan dijual dalam berbagai ukuran berbeda, dari mulai kapasitas 2 GB hingga 32 GB. Saat ini teknologi canggih itu masih terus dikembangkan dan diharapkan bisa menggantikan fungsi USB flash drive konvensional.
loading...

0 Response to "Flash Drive Setipis Kertas Post-it "

Post a Comment