Payeer

5 Alasan Umum Penyebab Smartphone Melambat

Smartphone

Ada banyak alasan mengapa ponsel kita melambat seiring berjalannya waktu. Dalam posting ini, kita akan membahas 5 alasan umum yang menyebabkan ponsel kita melambat setelah beberapa bulan pemakaian. 

5 Alasan Telepon Anda Melambat ( Down Over Time )


Saat ini hampir semua orang memegang smartphone android, berbicara tentang android, mayoritas pengguna smartphone saat ini terus memasang dan mengganti berbagai aplikasi dan game karena kemudahan memakainya dan tentunya banyak yang gratis.

Namun, setelah enam bulan penggunaan smartphone terasa berat, kehilangan kinerja terlihat di setiap perangkat yang berjalan pada versi android manapun. Saat ini kita tidak hanya membicarakan Android karena masalah ini juga hadir di iOS. Pengguna di kedua sisi mengeluh tentang ponsel mereka tidak secepat dulu.

Ada banyak penyebab potensial, yang membuat smartphone kita melambat setelah beberapa bulan. Di posting ini, saya akan membahas 5 alasan umum yang menyebabkan ponsel kita melambat setelah beberapa bulan pemakaian.

1. Upgrade OS

Saat pertama kali membeli perangkat, mungkin perangkat anda menjalankan Android KitKat atau iOS 7 saat itu, baik iOS 7 maupun Android KitKat diluncurkan pada tahun 2013. Nah, upgrade ini dilepas dengan seperangkat spesifikasi hardware tertentu.
.
Jika kita melihat tahun berjalan, spesifikasi perangkat keras telah diperbarui secara drastis. Banyak fitur telah ditambahkan di iOS dan Android. Namun, fitur ini dibuat dengan spesifikasi perangkat keras yang lebih baru. Jadi, jika anda menjalankan versi sistem operasi yang lebih baru di telepon usang, ini bisa memperlambat telepon anda dalam waktu singkat.

Namun, upgrade ini sulit untuk diabaikan, jadi update kecil tidak apa-apa, tapi jika anda berencana untuk melompat dari Android KitKat ke Nougat maka bersiaplah menghadapi kesulitan.

2. Pembaruan Aplikasi

Aplikasi 'ringan' yang anda pasang bisa diubah menjadi 'kelas berat' dari waktu ke waktu. Alasan utama dibalik ini adalah update aplikasi. Pengembang terus mendorong pembaruan, setiap pembaruan baru menghadirkan fitur baru, yang akhirnya menghabiskan banyak RAM dan CPU. Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah setelah anda merasa aplikasinya membengkak, ganti dengan aplikasi ringan lainnya.
3. Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Hal penting lainnya yang kita abaikan adalah aplikasi latar belakang. Cukup masuk ke pengaturan telepon dan lihat sekilas semua aplikasi yang anda unduh. Anda mungkin berpikir telah menginstal 10-15 aplikasi, namun sering terkejut melihat ternyata lebih 40-50.

Masalah muncul saat beberapa aplikasi terus berjalan di latar belakang tanpa mengaktifkannya. Ada banyak aplikasi seperti layanan email, aplikasi messaging yang selalu aktif. Aplikasi ini menggunakan CPU dan RAM, yang mempengaruhi performa ponsel anda.

Jadi, pastikan untuk menonaktifkan atau menghapus aplikasi yang mengkonsumsi banyak RAM dan CPU, beralih ke wallpaper statis dan mengucapkan selamat tinggal pada wallpaper hidup.

4. Degradasi Memori

Smartphone berjalan pada memori flash, jenis memori flash yang paling umum dikenal dengan NAND. Perlu diketahui, memori NAND akan lebih lambat saat mengisi. Singkatnya, NAND Memory membutuhkan sejumlah blok kosong untuk beroperasi secara efisien.

Memori NAND terdegradasi dengan beberapa waktu pemakaian. Memori NAND terdiri dari tiga tipe yaitu SLC, MLC, TLC masing-masing memiliki batas siklus penulisan per sel memori. Setelah batas disentuh, sel-sel aus dan ini mempengaruhi kinerjanya.

Hal terbaik yang harus dilakukan di sini adalah bertahan dengan 75% dari total kapasitas penyimpanan perangkat anda. Misalnya, jika anda memiliki penyimpanan internal 16GB, jangan melewati batas 10GB.

5. Harapan Yang Lebih Tinggi

Terkadang, setelah melihat beberapa smartphone kelas atas, kita menganggap telepon kita menjadi lebih lambat. Ini adalah psikologi manusia normal, yang terus-menerus mencari lebih dan lebih. Anda tidak bisa meniru Galaxy S3 dengan Galaxy S8. Jadi, kita harus belajar menerimanya atau mengupgrade perangkat kita.

Itulah lima alasan mengapa ponsel melambat setelah beberapa bulan pemakaian. Semoga anda menyukai artikel ini, bagikan dengan teman anda juga!
loading...

0 Response to "5 Alasan Umum Penyebab Smartphone Melambat"

Post a Comment