Payeer

Fuchsia, Misteri Project Sistem Operasi Untuk Semua Device Buatan Google Pesaing Windows 10

OS

Google kembali merilis Sistem Operasi yang diberi nama Fuchsia. Kabar tersebut terendus pertama kali di situs GitHub. Kabarnya, Sistem Operasi ini untuk mendukung Internet of Things alias IoT. OS ini tidak didasarkan pada kernel Linux dan harus mempertahankan beberapa fitur visual dari platform Android, yang perlu anda ketahui tentang OS baru ini adalah Sistem Operasi Google ini tidak didasarkan pada Linux, seperti Android, Chrome OS, dan Chromecast.

Saat ini Fuchsia masih dalam tahap awal pengembangan, bahkan Google mengembangkannya secara diam-diam. Namun kemunculannya di Github akhirnya terungkap juga. Nama Fuchsia merupakan nama bunga yang memiliki perpaduan warna ungu dan merah muda. Dari deskripsi halaman official Fuchsia di Github “Pink + Purple = Fuchsia“, beberapa pihak berpendapat bahwa OS ini adalah basis digabungkannya Android + Chrome OS yang kabarnya sempat berhembus beberapa waktu lalu. Info seputar Fuchsia ini masih sangat terbatas, terlebih belum ada statement official dari Google sedikitpun, maka hal ini tetap menjadi misteri sampai saat ini.

Fuchsia menggunakan kernel bernama Magenta yang didesain mampu berjalan di semua device, mulai dari iOT, embedded device, smartphone, tablet, hingga desktop dan laptop. Konsep ini mirip seperti arah pengembangan Windows 10 saat ini, dimana Microsoft menjadikan Windows 10 bisa berjalan di semua jenis device dengan berbagai macam ukuran layar. Jika pengembangan Fuchsia OS ini memang project serius dari Google, maka bukan tidak mungkin kedepannya bakal dijadikan sebagai OS kompetitor untuk Windows 10.

Windows 10 menggunakan Modern UI, Fuchsia dipastikan akan menggunakan Material Design khas Android yang berbasiskan Flatter. Bahasa pemrograman utama yang digunakan di Fuchsia OS adalah Dart. Fuchsia OS mendukung processor ARM 32-bit / 64-bit maupun 64-bit non-ARM, membuatnya bisa berjalan di hampir semua jenis device mulai dari smartphone, PC, hingga IoT.

Apakah Fuchsia merupakan project utama atau sekedar project sampingan dari Google?

Jika project utama, apakah nanti bakal diperuntukkan sebagai OS baru untuk menggantikan Android + Chrome OS, atau akan menjadi sebuah OS baru diluar kedua OS tersebut, atau ini merupakan jawaban Google atas gagalnya Chrome OS dalam usahanya merebut pangsa pasar Windows ? 

Untuk info  lebih jauh tentang Fuchsia, kunjungi github 
loading...

0 Response to "Fuchsia, Misteri Project Sistem Operasi Untuk Semua Device Buatan Google Pesaing Windows 10"

Post a Comment