Payeer

YouTube Indonesia

Dalam peluncuran situs YouTube Indonesia hari Kamis (14/6/2012) kemarin, pihak Google juga mengumumkan perjanjian lisensi dengan sejumlah musisi Tanah Air yang diwakili oleh Wahana Musik Indonesia. Keberadaan YouTube Indonesia diharapkan bisa sekaligus menjadi sarana untuk meminimalisir jumlah video klip musisi yang di-upload tanpa izin.

Bagi kalangan musisi, YouTube juga akan memberikan pembayaran royalti dari hasil karya para musisi yang tampil di YouTube. Caranya, video musisi akan diberi sisipan iklan. Selain itu anggota WAMI menerima royalti dari karya yang ditampilkan di YouTube. Untuk setiap videoklip yang ditayangkan, YouTube akan membayar ke WAMI untuk kemudian didistribusikan ke artis yang bersangkutan.

Secara mendasar tidak ada perubahan dalam tampilan di laman YouTube meski YouTube versi Indonesia diluncurkan. Tidak ada perbedaan, hanya logo dan simbol serta konten lokal yang lebih banyak. Simbol YouTube Indonesia adalah wayang dan Tugu Monas. Alasan pemilihan simbol ini, menurut Google, karena keduanya menunjukkan identitas paling khas dari Indonesia. 

Pengguna yang mengakses YouTube akan dapat melihat tampilan laman YouTube Indonesia. Jika URL-nya dari Indonesia, akan langsung ke YouTube Indonesia. Jika URL dari luar, akan diarahkan ke platform yang ada di Indonesia.
loading...

0 Response to "YouTube Indonesia"

Post a Comment